www.thefifthestate.com.au www.thefifthestate.com.au

Konsep Rumah Hemat Energi

648 Kali

RUMAH190.COM Pemanasan dunia dan tingginya karbon emisi bukanlah sekadar isu, namun sudah benar-benar terjadi. Dalam 10 tahun ke depan, bila tren tersebut tidak berubah maka kurang lebih 8-10% luas daratan akan berkurang setiap tahunnya dan dalam 10 tahun berikutnya malapetaka sudah di depan mata. Indonesia bisa memandangnya sebagai hal yang menguntungkan atau bahkan menjadi titik kerugian yang sangat besar. Untuk Konsep Rumah Hemat Energi, seperti dikutip dari www.rumah-ku.com,hampir 35-38% energi yang digunakan perumahan adalah untuk kebutuhan AC perumahan. Penggunaan Kipas membutuhkan 20-25% dari total energi untuk perumahan. Ini jelas terlihat, bahwa iklim tropis yang panas menjadikan energi lebih dominan dibutuhkan untuk kenyamanan beraktivitas pada suatu ruangan.

Dengan mengembangkan konsep ‘Rumah Hijau’ Anda bisa mengurangi pemborosan energi. Konsep ‘Rumah Hijau’ mampu menekan penggunaan listrik secara signifikan dengan kenyamanan yang jauh lebih baik. Penataan kawasan pun menjadi rapi, indah dan asri.  Ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam konsep rumah hijau, seperti skala ruangan, jumlah ruang yang terkadang berlebihan.

* Semakin banyak pepohonan dan aliran udara ke setiap jendela akan memberikan kenyamanan akan aliran udara yang baik sehingga kebutuhan energi untuk AC dan kipas bisa dikurangi.

* Penerangan dari lampu listrik bisa dikurangi bila desain gedung atau perumahan memakai konseppenyinaran hijau yakni cahaya matahari mampu memberi penerangan yang sangat baik pada siang hari sehingga pemakaian listrik untuk penerangan tidak diperlukan lagi.

* Biasakan hidup hemat. Kebiasaan ini bisa Anda mulai dari diri sendiri mulai dari hal yang kecil seperti mematikan lampu sehabis memakai misalnya, juga mengurangi pekerjaan pada malam hari bila bisa dilakukan pada siang hari seperti membaca, menulis dan lain-lain.

* Untuk praktisi dunia desain dan arsitektur perlu memiliki posisi tawar yang kuat di depan klien untuk mampu menciptakan rumah atau gedung tropis hemat energi dan tidak semata-mata mengikuti kehendak klien atas nama kelanjutan proyek. ( Triyanto Hery S )

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS