1309-DINDING KABINET (3)

Dinding Kabinet untuk Efisiensi Ruangan

265 Kali

 

Mobilitas tinggi membuat sebagian orang tak punya waktu luang untuk menata ruangan. Padahal setiap kali sampai rumah ingin semua terlihat rapi. Sehingga bisa istirahat dengan tenang sepulang kerja.

Terlebih bagi milenial yang memiliki rumah dengan lahan terbatas. Kondisi berantakan biasanya membuat hunian semakin terlihat sempit dan tak nyaman. Untuk itu perlu adanya inovasi penataan khusus agar ruangan terlihat lega.

Melihat kebutuhan tersebut, desainer interior Lorca Langit Biru, 29, membuat produk cabinetry costume bernama Lorca+. Layaknya lego, produk yang memenangi desain terbaik dan inovatif untuk kategori Product Design, Furniture and Lighting, World Design Organization (WDO) 2020 ini menyediakan 18 variasi komponen kabinet. Pembeli bisa memilih desain dan banyak kabinetnya sesuai kebutuhan.

Blok kabinet ini bisa digunakan untuk rak buku keperluan lain. Konsepnya juga cocok untuk berbagai konsep hunian. Baik konsep tradisional maupun modern minimalis. Juga segala jenis ruangan seperti dapur, hiasan ruang tamu, ruang baca, hingga dinding penyekat antarkamar. “Kalau pengin lebih rapi ya susunan blok kabinetnya bisa diberi tutup,” kata Lorca saat berbincang dengan Espos di sela-sela temu media beberapa waktu lalu.

1309-DINDING KABINET (6)

Efisien

Lorca yang merupakan alumnus SMA Negeri 3 Solo dan pernah menempuh pendidikan Design Interior di Curtin University, Perth, Australia, ini mengatakan penggunaan kabinet merupakan bagian dari efisiensi ruangan. Selain Lorca+, ia juga banyak menggarap cabinet customized disesuaikan dengan bentuk dan kondisi ruangan.

Espos bersama jurnalis lain kemudian diajak menyusuri kediaman Lorca dan orang tua di daerah Karangasem, Laweyan, Solo. Hunian bernuansa klasik modern tersebut baru selesai direnovasi beberapa bulan lalu. Lebih dari separuh furniturnya menggunakan cabinet customized.

Dimulai dari garasi di samping rumahnya. Garasi dengan jendela lebar tersebut bisa disulap sebagai ruangan meeting. Lorca menambahi dinding kayu di salah satu sisi tembok. Dinding berwarna cokelat tersebut sebenarnya lemari penyimpanan yang mereka gunakan untuk gudang. Ada beberapa pintu bukaan yang pegangannya dibuat samar oleh Lorca. Ketika ditutup gaada yang tahu kalau di dalamnya lemari kabinet.

Selanjutnya di halaman belakang ada pojok baca yang berisi lemari kabinet terbuka. Ratusan buku ditata rapi meninggi pada ruangan sempit tersebut. Menuju ruang utama, kami langsung disuguhi model ruang kerja yang dindingnya juga kabinet tertutup dari kayu. Begitu pula pada bagian kamar. Lorca membuat kamar minimalis dengan kayu sebagai dinding penyekat. Dinding tersebut berisi tumpukan kabinet yang digunakan sebagai penyimpanan sepatu dan tas. Lagi-lagi Lorca menyamarkannya dengan kabinet tertutup.

1309-DINDING KABINET (5)

Penuh Kejutan

Kediaman Lorca yang juga dilengkapi dengan kolam renang tersebut memang terlihat sangat rapi. Hampir tak ada barang berserakan di lantai atau tempat lain. Termasuk di dapur yang biasanya identik dengan sampah makanan atau bahan baku masakan. Dapur bernuansa cokelat tersebut dihiasi dinding-dinding kayu warna cokelat. Dinding kayu yang sebenarnya lemari kabinet itu digunakan untuk meletakkan barang-barang dapur seperti satu set piring gelas, kulkas, dispenser, hingga tempat sampah. Semuanya rapi di dalam sebuah lemari.

Sementara pada ruang keluarga, Lorca menambahi hiasan kayu tinggi sebagai centre point. Tamu yang masuk biasanya langsung dibawa untuk melihat hiasan dinding tersebut. Bukan Lorca kalau tanpa kejutan. Ukiran kayu di tengah ruangan yang dibuat seperti hiasan itu rupanya adalah lemari tinggi tiga pintu. Lagi-lagi gagang pintu dia samarkan sehingga tak terlihat mengganggu. Banyaknya lemari kabinet ini praktis membuat kediaman Lorca dan keluarga lebih homey dan rapi.

“Ini juga cocok untuk hunian sekarang dengan lahan sempit. Justru bikin lebih terlihat luas dan rapi karena barang-barangnya dimasukkan di lemari. Bentuknya bisa menyesuaikan sesuai ruangan dan konsep rumahnya,” terang pemilik firma Interior Design di Australia dengan nama Tallok ini.

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS